TIPS SEMBAB KELOPAK MATA (PUFFY EYES)

Pertama-tama harus dibedakan istilah antara kantung mata (baggy eyes) dan sembab kelopak mata (puffy eyes).

1. Kantung mata (baggy eyes) diakibatkan oleh proses penuaan yg menyebabkan hilangnya jaringan kolagen penyangga kulit sehingga kulit di bagian bawah mata menjadi kendur. Kekenduran tersebut diisi oleh minyak yang berasal dari timbunan lemak berlebih, sehingga kulit mata mengembung dan membentuk kantung. Tindakan bedah plastik merupakan cara untuk menghilangkan baggy eyes.
2. Sembab kelopak mata (puffy eyes) diakibatkan oleh tekanan secara emosional atau stres. Yg membentuk kantung di lapisan kulit bawah mata adalah kumpulan air. Kantung mata air ini bisa terjadi setelah menangis, kurang tidur atau krn Anda memiliki masalah kesehatan seperti liver dan jantung. Kantung air ini biasanya bisa dihilangkan dgn beberapa langkah sederhana.

Tips yang bisa dilakukan:
1. Gunakan krim mata. Aplikasikan dgn cara memijat bagian bawah mata ke arah luar untuk mengurangi cairan yg terkumpul. Jangan lupa untuk menyiimpan krim mata di dalam kulkas. Suhu dingin dpt menyegarkan mata Anda.
2. Melatih gerakan bola mata – memutar bola mata ke satu arah beberapa kali dan kemudian ke arah sebaliknya dengan jumlah putaran yang sama.
3. Kompres mata dengan menggunakan kantung teh hijau celup yg telah dicelupkan air dingin.
4. Potong stroberi, mentimun dan kentang dan kompreskan beberapa menit atau di blender hingga menjadi jus, balurkan lalu diamkan selama 15-20 menit.
5. Bungkus potongan es pada kain katun dan menempelkannya pada kedua mata sebelum beraktivitas
6. Kompres mata dengan campuran air hangat dan garam selama 5-10 menit.
7. Meninggikan posisi kepala relatif lebih tinggi daripada posisi jantung – mengganjal kepala dengan beberapa bantal agar cairan tidak menumpuk di area kelopak mata. Bila terjadi sembab kelopak mata, biasanya cairan akan menghilang spontan setelah 2-6 jam.
8. Oleskan minyak vitamin E di bawah mata dan biarkan semalaman.
9. Jika kantong mata tdk hilang juga, Anda sebaiknya menemui paramedis. Bisa jadi itu merupakan gejala sinusitis atau alergi yg bisa diobati.

Komentar

Anonim mengatakan…
makasih bu tipsnya... harus dicoba hehehehh

Postingan populer dari blog ini

Makan Terlalu Cepat Bisa Bikin Gemuk

PENELITIAN VIRUS

CARA ASYIK BIKIN BERAT BADAN TETAP IDEAL