HATI-HATI TERHADAP LENSA KONTAK

Peneliti mengatakan, bahwa lensa kontak yang secara umum digunakan sekarang, semuanya dibuat dengan menggunakan kualitas bahan polimer tinggi, meskipun material yg digunakan setiap merek perusahaan tidak sama persis, namun hasil percobaan menunjukkan, bahwa semua lensa kontak bisa mengurai dan berubah secara perlahan-lahan di bawah sinar radiasi komputer, sehingga molekul material semula mengalami metamorfosa, dan molekul-molekul kecil yang setelah mengalami penguraian, ada yang bisa mencapai lensa mata melalui perembesan ke dalam peredaran getah bening, berpadu dengan jaringan regenerasi lensa mata, dan mengakibatkan polimer tinggi yang baru.

Pada umumnya, polimer tinggi hanya sedikit bisa dikeluarkan ke permukaan bola mata dari dalam bola mata, dan akhirnya menjadi tahi mata. Tetapi saat jumlahnya banyak, ukuran polimer tinggi bisa melampaui ukuran lubang pengeluaran, di saat demikian, berbagai macam benda dalam bola mata akan menumpuk di dalam lensa mata, dan perlahan-lahan membentuk katarak.

Bagi anda yang memakai lensa kontak dan sering menggunakan komputer, saat istirahat harus melepaskan lensa kontak, lagi pula harus memiliki waktu yang cukup agar bola mata mengeluarkan sampah (kotoran), jika tidak demikian maka penimbunan dari hari ke hari akan sangat mudah mengidap penyakit katarak.

Yang Sebaiknya Anda Lakukan ;
1. Gunakan lensa kontak sebelum menggunakan riasan supaya tidak menempel pada lensa kontak.
2. Gunakan tetes mata yang khusus untuk lensa kontak, bukannya tetes mata biasa.
3. Kalau Anda belum pernah menggunakan lensa kontak, jangan langsung menggunakan lensa kontak untuk yang setahun. Coba dulu dengan lensa kontak yang satu atau tiga bulan, karena kadar airnya berbeda dengan yang setahun.
4. Lepas lensa kontak Anda sebelum tidur.
5. Rawatlah lensa kontak dengan cairan yang sesuai. Pilihlah lensa kontak dengan kadar air 50-60 persen. Jika terlalu tinggi, justru akan cepat menyereap air sehingga mata pun cepat kering.
6. Pakailah kacamata pelindung untuk menghindari debu dan angin masuk ke mata Anda.
7. Bersihkan secara teratur wadah lensa kontak dengan air mendidih lalu keringkan. Hal ini dimaksudkan untuk membunuh kuman yang ada pada wadah lensa kontak Anda.
8. Kalau sedang memakai lensa kontak, jangan berada di sekitar tempat panas dengan jarak yang terlalu dekat.
10. Periksalah mata dan lensa kontak Anda secara teratur untuk mengetahui kelainan sedini mungkin.
11. Cermati juga petunjuk yang diberikan dalam kemasan lensa kontak.


Yang Sebaiknya TIDAK Anda Lakukan ;
1. Hindari berenang dgn menggunakan lensa kontak. Pasalnya, kandungan kaporit maupun kotoran yang tedapat di air dapat mengontaminasi lensa dan akhirnya mengganggu kenyamanan mata.
2. Menggunakan maskara yang waterproof. Maskara jenis ini sulit dibersihkan dengan air, dan jika menempel di lensa sulit untuk menghilangkannya.
3. Menggunakan hairspray setelah memasang lensa kontak. Tetapi jika terpaksa, tutup mata saat menyemprotkan hairspray, dan tutup terus beberapa detik setelahnya.
4. Menggunakan lotion atau cream. Lensa anda akan terlapis film karenanya.
5. Menggunakan larutan garam rumah. Larutan garam yang tidak semestinya bisa berpotensi menyebabkan kebutaan sementara.
6. 'Memegang' lensa dengan bibir atau membasahinya dengan saliva. Bakteri yang ada di bibir ataupun air liur bisa menjadi sumber infeksi mata.
7. Sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak lebih dari 12 jam. Mata pun perlu beristirahat dan mengambil oksigen kembali, sehingga sebelum tidur sebaiknya lepas terlebih dulu dan ganti dengan kacamata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makan Terlalu Cepat Bisa Bikin Gemuk

PENELITIAN VIRUS

CARA ASYIK BIKIN BERAT BADAN TETAP IDEAL